Google

Tuesday 29 January 2013

Mengenal ISO (International Organization for Standardization)

ISO (International Organization for Standardization) adalah salah satu organisasi nirlaba yang mengembangkan dan menerbitkan standard internasional yang mencakup berbagai bidang, seperti kesehatan, keamanan pangan, teknologi, pertanian, dan sebagainya. Bukan hanya standard produknya, tapi juga standard proses (manajemennya).

Standar Internasional diharapkan dapat memberikan manfaat teknologi, ekonomi dan sosial. Menyelaraskan spesifikasi teknis produk dan jasa serta membantu industri agar lebih efisien dan meminimalisir hambatan perdagangan internasional. Penggunaan Standar Internasional juga membantu meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut aman, efisien dan bersahabat dengan lingkungan.

Nama ISO sendiri bukanlah akronim International Organization for Standardization, tetapi nama ISO diambil dari bahasa Yunani "isos" yang berarti "sama" atau "equal" sebagaimana kita temui dalam kata isometric atau isonomy. Organisasi ini berkantor pusat di Geneva, Switzerland.

ISO Member

Organisasi ini beranggotakan badan standarisasi dari berbagai negara. Hingga saat ini tercatat 164 negara menjadi anggota, termasuk Indonesia yang diwakili oleh BadanStandarisasi Nasional (BSN).

Anggota ISO digolongkan menjadi 3, yaitu:
  • Full Member (member body) yang berhak berpartisipasi dan memberikan suara dalam pengembangan standard ISO secara teknis maupun kebijakan yang diambil. Full Member menjual dan mengadopsi ISO Standar Internasional secara nasional. Indonesia adalah salah satu Full Member dari 112 anggota Full Member lainnya. 
  • Corespondence Member berperan mengamati perkembangan strategi dan standar ISO dengan menghadiri pertemuan-pertemuan ISO yang mempunyai agenda kebijakan maupun teknis dalam kapasitasnya sebagai pengamat. Corespondence Member dapat menjual dan mengadopsi ISO Standar Internasional secara nasional. 
  • Subscriber Member adalah anggota yang hanya mengikuti up date pekerjaan ISO, tetapi tidak bisa berpartisipasi di dalamnya. Mereka tidak menjual atau mengadopsi ISO Standar Internasional secara nasional.
Lebih lanjut silahkan download gratis Annual Membership ISO di www.iso.org

Bagaimana ISO Mengembangkan Standard

Berdasarkan usulan stakeholder tertentu, seperti anggota, organisasi konsumen, atau organisasi industri, ISO mengembangkan standard internasional. Pengembangan standard ISO dilakukan melalui Technical Commites (TC) dan Joint Technical Commites ( JTC/ TC). Technical Commite adalah sebuah komite yang terdiri dari kumpulan para ahli dibidangnya, baik dari perusahaan, akademisi, LSM, maupun asosiasi konsumen. Sedangkan JTC adalah TC yang bekerjasama dengan IEC (International Electrotechnical Commission) yaitu organisasi nirlaba yang menyiapkan dan mempublikasikan standard internasional untuk teknologi yang berkaitan dengan elektronika.

TC atau JTC ini akan melakukan pembahasan draft standard internasional ISO. Jika sudah selesai, maka draft tersebut akan dibagikan kepada anggota ISO untuk mendapatkan tanggapan dan keputusan bersama dari para anggota.

Download Majalah ISO Focus+

Jika tertarik untuk mempelajari ISO (International Organization for Standardization) dan apa-apa yang diterbitkan olehnya, silahkan download gratis beberapa bahan melalui website www.iso.org.
Untuk memudahkan, berikut ini link yang dapat digunakan:
  • ISO Focus+. Melalui link di atas dapat dijumpai halaman download majalah edisi terbaru yang diterbitkan oleh ISO. Majalah ISO Focus+ edisi-edisi tahun sebelumnya juga dapat didownload melalui link di sini dan di sini. 
  • ISO Management System. Link ini juga mengarah kepada halaman download majalah ISO Management System yang diterbitkan oleh ISO. Ini adalah majalah-majalah edisi lama yang kini sudah tidak diterbitkan lagi
  • Survey ISO. Jika membutuhkan data survey menyangkut jumlah sertifikasi berbagai standard ISO di berbagai negara, wilayah, dan sektor bisnis, maka mungkin link ini akan membantu menemukannya
  • Principle of QMS 9000 Family. Ini adalah link download untuk penjelasan prinsip-prinsip QMS 9000 Family, brosur dalam format PDF
Jika ada hal menarik lainnya yang bisa didownload gratis, silahkan tulis di komentar. Salam,

No comments: